Kunjungan Mahasiswa Prodi Kimia untuk Mengenal Langsung Tes DNA dan Indentifikasi Mayat

Oleh: Wiwin Rewini Kunusa . 27 Mei 2022 . 15:25:03

Pembuatan profil deoxyribonucleic acid (DNA), juga dikenal sebagai penyidikan genetik/DNA atau penyidik jarian genetik/DNA, merupakan suatu pengujian forensik yang melibatkan teknik biologi molekuler untuk mendapatkan profil DNA sejumlah materi uji yang merupakan bahan biologis. Profil DNA ini biasa disebut sebagai sidik jari DNA. pembuatan profil ini erat kaitannya dengan tes DNA dan indentifikasi mayat. Untuk mengetahui lebih dalam tentang ilmu tersebut, maka mahasiswa yang terdaftar dalam mata kuliah Forensik tahun ajaran 2022/2023 melakukan kunjungan ke RSUD TOTO KABILA, kabupaten Bone Bolango pada hari Jumat (27 Mei 2022).

Di dalam kunjungan tersebut, mahasiswa belajar banyak tentang bagaimana mengidentifikasi mayat, baik mayat utuh maupun yang tidak utuh. Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa di pandu oleh pemateri/ dosen Praktisi dr. Ronal. 

Terjadi interaksi yang positif antara mahasiswa dan dosen praktisi. Suasana kunjungan cukup hidup, dimana muncul tanya jawab yang cukup lama sebagai bagian cara mahasiswa menyerap ilmu pemateri. Dimana selama ini mahasiswa hanya belajar sebatas materi, namun kini mereka dapat melihat langsung dalam realitas lapangan. Hal ini juga turut membangun mental mahasiswa bagaimana berhadapan dengan mayat yang sebenarnya.

Agenda

31 Juli - 31 Agustus 2021

Workshop Web

Workshop Pengembangan Wesbite

22 Desember 2020

Workshop Kurikulum MB-KM

Workshop Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Pemateri Dr. Mario Paristiowati, M.Si