Workshop MB-KM, Ini Tanggapan Stakeholder

Oleh: Wiwin Rewini Kunusa . 22 Desember 2020 . 12:46:42

Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Gorontalo sukses menggelar Workshop Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM), Selasa (22/12/2020). Dihadiri stakeholder pengguna lulusan dari berbagai instansi/lembaga.

Kegiatan yan digelar secara daring dan luring ini menghadirkan narasumber yang juga pakar pendidikan kimia Universitas Negeri Jakarta, Dr. Maria Paristiowati, M.Si. Topik materi yang disampaikan adalah Implementasi MB-KM pada Kurikulum Prodi Pendidikan Kimia. Dalam paparannya, sekretaris Divisi Pendidikan Kimia Himpunan Kimia Indonesia (HKI) ini menguraikan tahapan penyusunan kurikulum MB-KM. Selain itu, beliau juga menjelaskan bagaimana implementasi kurikulum tersebut.

Acara yang dibuka langsung oleh dekan FMIPA, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si ini mendapat sambutan positif dari stakeholder yang hadir.

Menurut Wakapolres Bone Bolango, Kompol Abdul Rachman, SE., MH, hendaknya kurikulum ini disusun dengan baik untuk mengarahkan potensi mahasiswa.

"Kita terlalu fokus pada akademik saja, padahal banyak anak-anak kita (mahasiswa-red) yang punya potensi lebih", Ungkapnya.

Sementara itu, sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone Bolango, Hugen Suleman, S.Pd, M.AP berharap kurikulum MB-KM ini dapat berlangsung baik demi kemajuan pendidikan di Indonesia. "Kami berharap MB-KM ini terus berlangsung untuk kemajuan Republik Indonesia. Jangan sampai ganti menteri, kurikulum juga berganti," Paparnya. 

Tanggapan yang juga menjadi masukan buat Prodi Pendidikan Kimia datang dari stakeholder perwakilan SMAN 3 Gorontalo, Sarjan Kase, S.Pd., M.Pd. "Untuk menarik siswa masuk Prodi Kimia, kami sarankan Prodi menyelenggarakan lomba sebagai wadah bagi siswa menyalurkan bakatnya dalam bidang kimia," Sarannya.

Selain itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Tibawa, yang mengikuti workshop melalui zoom meeting menyoroti kesenjangan yang terjadi antara perguruan tinggi dengan satuan pendidikan saat ini. Menurutnya kesenjangan tersebut dalam hal kompetensi profesional dan proses penilaian.

"Selama ini yang kami temui, mahasiswa yang melakukan PPL menyesuaikan dengan kompetensi profesional yang diperoleh di Prodi, ini berbeda dengan kompetensi yang ada di sekolah," jelas koordinator kepala sekolah SMA Provinsi Gorontalo yang juga alumni Prodi Pendidikan Kimia UNG ini.

"Kurikulum Prodi Pendidikan Kimia UNG mengikuti kurikulum yang telah disusun oleh Divisi Pendidkan HKI," Papar Kaprodi Pendidikan Kimia FMIPA UNG, Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd diakhir workshop.[]

 

Klik disini untuk menyimak video lengkap Workshop MB-KM Prodi Pendidikan Kimia FMIPA UNG

 

 

 

 

 

 

 

Agenda

31 Juli - 31 Agustus 2021

Workshop Web

Workshop Pengembangan Wesbite

22 Desember 2020

Workshop Kurikulum MB-KM

Workshop Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Pemateri Dr. Mario Paristiowati, M.Si