Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Matematika Dan IPA
Profil
Tentang
Visi Dan Misi
Formasi
Penjabat
Dosen
Pegawai
Galeri
Informasi
Akademik
Peluang Kerja
Kemahasiswaan
Prestasi Mahasiswa
Organisasi Kemahasiswaan
Akademik
Kurikulum
Kontak
Literatur
Prof. Dr. Lukman A.R. Laliyo, S.Pd., M.Pd., M.M.
NIP: 196911241994031001
NIDN: 0024116903
FAKULTAS: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Penelitian
Preferensi Gaya Kognitif Visual Spatial Mahasiswa
, TA 2011, Penelitian Mandiri,
Persepsi dan pengembangan konseptual sebagai representase dari model mental mahasiswa tentang ikatan hidrogen
, TA 2011, Penelitian Dana PNBP, PNBP Fakultas/Pasca
PERSEPSII DAN PENGEMBANGAN KONSEPTUAL SEBAGAI REPRESENTASI DARI MODEL MENTAL MAHASISWA TENTANG IKATAN HIDROGEN
, TA 2011, Penelitian Dana PNBP, PNBP Fakultas/Pasca
Pemetaan Struktur Pengetahuan Sebagai Ukuran Penguasaan Konsep Laju Reaksi Siswa SMA di Kota Gorontalo
, TA 2013, Fundamental (DP2M), DP2M Dit. Litabmas
Rekayasa Implementasi Teknologi Tepat Guna Melalui Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Budaya Pemanfaatan Energi Terbarukan Pada Masyarakat Daerah Terpencil
, TA 2014, Unggulan Perguruan Tinggi (DP2M), DP2M Dit. Litabmas
PENINGKATAN KETRAMPILAN PENALARAN SOSIAL-ILMIAH MELALUI MODIFIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH LINGKUNGAN
, TA 2024, Penelitian Fundamental Guru Besar, PNBP/BLU
Hasil Penelitian
Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Spasial Terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri di Gorontalo
, Artikel - Jurnal
Gaya Belajar Sains (Ditinjau dari cara berpikir belahan otak kiri dan kanan)
, Artikel - Jurnal
Model Mental Siswa dalam Memahami Perubahan Wujud Zat
, Artikel - Jurnal
Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia Dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri I Telaga (Penulis2)
, Artikel - Jurnal
Dimensi Berpikir Kreatif dan Spasial Siswa dalam Meramalkan Bentuk Molekul Senyawa Kovalen berdasarkan Teori Tolakan Pasnagan Elektron Kulit Valensi (Penulis 2)
, Artikel - Jurnal
Gaya Belajar dalam Pembelajaran Sains (Ditinjau dari Cara Berpikir Belahan Otak Kiri dan Kanan)
, Artikel - Jurnal
Persepsi dan Pengembangan Konseptual sebagai Model Representase Sub-Mikroskopik Mahasiswa dalam Memahami Konsep Ikatan Hidrogen
, Artikel - Jurnal
Karya Ilmiah
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Kajian Fenomegrafi Aspek-Aspek Pengetahuan Metakognitif Siswa dalam Penyelesaian Soal-Soal Laju Reaksi
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Kajian Fenomegrafi Aspek-Aspek Pengetahuan Metakognitif Siswa dalam Penyelesaian Soal-Soal Laju Reaksi
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Visual Representation of Mental Imagery as Media to Evaluate Students Understanding of Science
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin Visual Representation of Mental Imagery as Media to Evaluate Students Understanding of Science
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Visual Representation of Mental Imagery as Media to Evaluate Students Understanding of Science
Lukman Abdul Rauf Laliyo : FTIR, XRD and SEM Analysis of Microcrystalline Cellulose (MCC) Fibers from Corncorbs in Alkaline Treatment
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin FTIR, XRD and SEM Analysis of Microcrystalline Cellulose (MCC) Fibers from Corncorbs in Alkaline Treatment
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer FTIR, XRD and SEM Analysis of Microcrystalline Cellulose (MCC) Fibers from Corncorbs in Alkaline Treatment
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Optimalisasi Alkali dalam Proses Swelling Selulosa dari Limbah Tongkol Jagung
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Optimalisasi Alkali dalam Proses Swelling Selulosa dari Limbah Tongkol Jagung
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Potential Resources Based on Economic Education, Business and Islamic Accounting in Gorontalo, Indonesia
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin Potential Resources Based on Economic Education, Business and Islamic Accounting in Gorontalo, Indonesia
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Potential Resources Based on Economic Education, Business and Islamic Accounting in Gorontalo, Indonesia
Lukman Abdul Rauf Laliyo : The Development of Two-Tier Instrument Based On Distractor to Assess Conceptual Understanding Level and Student Misconceptions in Explaining Redox Reactions
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin The Development of Two-Tier Instrument Based On Distractor to Assess Conceptual Understanding Level and Student Misconceptions in Explaining Redox Reactions
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer The Development of Two-Tier Instrument Based On Distractor to Assess Conceptual Understanding Level and Student Misconceptions in Explaining Redox Reactions
Lukman Abdul Rauf Laliyo : The Prevalence of Students and Teachers’ Ideas about Global Warming and the Use of Renewable Energy Technology
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin The Prevalence of Students and Teachers’ Ideas about Global Warming and the Use of Renewable Energy Technology
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer The Prevalence of Students and Teachers’ Ideas about Global Warming and the Use of Renewable Energy Technology
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Analytic Approach Of Response Pattern Of Diagnostic Test Items In Evaluating Students’ Conceptual Understanding Of Characteristics Of Particle Of Matter
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin Analytic Approach Of Response Pattern Of Diagnostic Test Items In Evaluating Students’ Conceptual Understanding Of Characteristics Of Particle Of Matter
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Analytic Approach Of Response Pattern Of Diagnostic Test Items In Evaluating Students’ Conceptual Understanding Of Characteristics Of Particle Of Matter
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Development of Web Based Application for Teacher Candidate Competence Instruments: Preparing Profesional Teacher in the IR 4.0
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin Development of Web Based Application for Teacher Candidate Competence Instruments: Preparing Profesional Teacher in the IR 4.0
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Development of Web Based Application for Teacher Candidate Competence Instruments: Preparing Profesional Teacher in the IR 4.0
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Implementation of Four-Tier Multiple-Choice Instruments Based on the Partial Credit Model in Evaluating Students’ Learning Progress
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin Implementation of Four-Tier Multiple-Choice Instruments Based on the Partial Credit Model in Evaluating Students’ Learning Progress
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Studi Kestabilan Zirkonia Terdoping Kation Trivalen melalui Pemodelan Atomistik
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Studi Kestabilan Zirkonia Terdoping Kation Trivalen melalui Pemodelan Atomistik
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Dampak Eksekusi Rumah Tinggal Terhadap Kelanjutan Pendidikan Anak Sekolah Dasar
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Hukum-Hukum Dasar Kimia Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Hukum-Hukum Dasar Kimia Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Five-Tier Multiple Choice pada Materi Hidrolisis Garam
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Five-Tier Multiple Choice pada Materi Hidrolisis Garam
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Deskripsi Pemahaman Konseptual Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Deskripsi Pemahaman Konseptual Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Mengevaluasi Level Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Peserta Didik Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Empat Tingkat
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Mengevaluasi Level Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Peserta Didik Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Empat Tingkat
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Metakognisi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kesetimbangan Kimia
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Metakognisi Mahasiswa dalam Pembelajaran Kesetimbangan Kimia
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Kemampuan Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Larutan Penyangga
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Kemampuan Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Larutan Penyangga
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Kemampuan Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Reaksi Redoks
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Kemampuan Pemahaman Konseptual dan Algoritmik Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Reaksi Redoks
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Pengaruh Kemampuan Berpikir Formal dalam Menyelesaikan Soal Melalui Membaca dan Menggambar SMRs Kimia Kelas XI IPA dI Kota Gorontalo
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Pengaruh Kemampuan Berpikir Formal dalam Menyelesaikan Soal Melalui Membaca dan Menggambar SMRs Kimia Kelas XI IPA dI Kota Gorontalo
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Penerapan Model Learning Cycle pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Penerapan Model Learning Cycle pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar dan Retensi Pengetahuan Hidrokarbon Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Limboto
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar dan Retensi Pengetahuan Hidrokarbon Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Limboto
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer CDT Merrill dalam Pembelajaran Sains
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Mendiagnosis Sifat Perubahan Konseptual Siswa: Penerapan Teknik Analisis Stracking dan Racking Model
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Dampak Eksekusi Rumah Tinggal Terhadap Kelanjutan Pendidikan Anak Sekolah Dasar
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Spasial Terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri Di Gorontalo
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Koresponden Analytic Approach Of Response Pattern Of Diagnostic Test Items In Evaluating Students’ Conceptual Understanding Of Characteristics Of Particle Of M
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Koresponden Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Five-Tier Multiple Choice pada Materi Hidrolisis Garam
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Koresponden Deskripsi Pemahaman Konseptual Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Koresponden Implementation of Four-Tier Multiple-Choice Instruments Based on the Partial Credit Model in Evaluating Students’ Learning Progress
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Koresponden Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Hukum-Hukum Dasar Kimia Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Koresponden The Prevalence of Students and Teachers’ Ideas about Global Warming and the Use of Renewable Energy Technology
Korespondens Mengevaluasi Level Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Peserta Didik Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Empat Tingkat
Korespondens The Development of Two-Tier Instrument Based On Distractor to Assess Conceptual Understanding Level and Student Misconceptions in Explaining Redox
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Laporan Tahunan Penelitian Fundamental dengan judul “Pemetaan Struktur Pengetahuan Sebagai Ukuran Penguasaan Konsep Laju Reaksi”
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Laporan Tahunan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi The Development and Upgrading of Seven Universities in Improving the Quality and Relevance of Higher Education in Indonesia dengan judul: Rekayasa Implementasi Teknologi Tepat
Lukman Abdul Rauf Laliyo : CDT Merrill dalam Pembelajaran Sains
Rekayasa Implementasi Teknologi Tepat Guna melalui Pengembangan Model Pembelajaran untuk Menumbuhkan Budaya Pemanfaatan Energi Terbarukan pada Masyarakat Daerah Terpencil
Karakteristik Sosial Budaya dan Tantangan Pemecahan Masalah Disparitas Mutu dan Keberlanjutan Pembelajaran Berbasis Kreatifitas Berpikir Transdisiplin
Rekayasa Implementasi Teknologi Tepat Guna melalui Pengembangan Model Pembelajaran untuk Menumbuhkan Budaya Pemanfaatan Energi Terbarukan pada Masyarakat Daerah Terpencil
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Mendiagnosis Sifat Perubahan Konseptual Siswa: Penerapan Teknik Analisis Stracking dan Racking Model
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviewer Implementation of Four-Tier Multiple-Choice Instruments Based on the Partial Credit Model in Evaluating Students’ Learning Progress
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Peereviwer Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Spasial Terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri Di Gorontalo
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Korespondensi Measuring Changes In Hydrolysis Concept Of Students Taught By Inquiry Model: Stacking And Racking Analysis Techniques In Rasch Model
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin Measuring Changes In Hydrolysis Concept Of Students Taught By Inquiry Model: Stacking And Racking Analysis Techniques In Rasch Model
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin Developing Competency Evaluation of Pre-Service Science Teachers in Industrial Revolution 4.0: Revealing Pedagogic and Professional Competencies
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Korespondensi Rasch Modelling To Evaluate Reasoning Difficulties, Changes Of Responses, And Item Misconception Pattern Of Hydrolysis
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin Rasch Modelling To Evaluate Reasoning Difficulties, Changes Of Responses, And Item Misconception Pattern Of Hydrolysis
Lukman Abdul Rauf Laliyo : Turnitin Content Validation of Digital Instrument for Measurement of Pedagogic Competence for Social Science Teacher Candidates in the Industrial Revolution 4.0 Era in Indonesia