Sikap | |
CPL 1 | mampu menunjukkan sikap religius, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
CPL 2 | mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, kemajuan peradaban, bangga dan cinta tanah air, serta memiliki nasionalisme dan rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa berdasarkan Pancasila |
CPL 3 | mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara utuh dan mandiri |
Keterampilan Umum | |
CPL 4 | mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif untuk menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
CPL 5 | mampu mengambil keputusan secara tepat dan bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok serta melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggungjawabnya dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
Pengetahuan | |
CPL 6 | mampu membangun konsep teoretis tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, serta prinsip dasar pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasinya (content knowledge); |
CPL 7 | mampu menerapkan teori pendidikan, perkembangan peserta didik, dan profesi pendidikan (pedagogy knowledge); |
CPL 8 | mampu menganalisis pengetahuan pedagogik kimia, kurikulum, metodologi pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pengelolaan kelas dan mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran kimia (technological pedagogical and content knowledge). |
CPL 9 | mampu menerapkan prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja), pengelolaan laboratorium, penggunaan peralatan dan instrumen kimia serta penanganan isu lingkungan. |
CPL 10 | mampu menerapkan dasar-dasar metode ilmiah dan integritas akademik dalam penelitian serta menyusun karya ilmiah. |
Keterampilan Khusus | |
CPL 11 | mampu merencanakan, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah dan aktitivas laboratorium secara inovatif dan adaptif. Pembelajaran kimia di sekolah dilakukan secara terbimbing sesuai dengan karakteristik materi (content knowledge) dan karakteristik peserta didik, pendekatan pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran (pedagogical knowledge), teknologi informasi dan komunikasi yang relevan (technological knowledge) Aktivitas laboratorium dengan memperhatikan prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja) dan isu lingkungan. |
CPL 12 | mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran kimia, dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori serta temuan penelitian yang ada; dan menerapkan nilai-nilai kewirausahaan sebagai dasar perancangan usaha sederhana dalam bidang ilmu kimia dan pendidikan kimia |
Workshop Pengembangan Wesbite
Workshop Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Pemateri Dr. Mario Paristiowati, M.Si