Jurusan Kimia UNG Menjadi Tempat Penyelenggaraan UKK SMKN 1 Analisis Kota Gorontalo

Oleh: Wiwin Rewini Kunusa . 24 Mei 2022 . 14:55:10

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik apakah sesuai dengan yang di harapkan atau belum. Dalam melaksanakan UKK, SMK 1 Analisis Kota Gorontalo memberikan kepercayaan kepada Jurusan Kimia Universitas Negeri Gorontalo (UNG) sebagai penyelenggara Ujian kompetensi tersebut. Dalam pelaksanaannya UKK berlangsung pada tanggal 18-24 Mei 2022 di Laboraorium Jurusan Kimia FMIPA dan diikuti oleh 60 peserta.

Terdapat tiga materi yang diujikan dalam UKK tahun ini yaitu, pertama, Analisis Kadar Fe pada air menggunakan instrumen Spektrosfotometri UV VIS; kedua, Penentuan konsentrasi asam cuka alkalimetri; ketiga, Penentuan gula reduksi menggunakan metode Luff school. Selain itu, terdapat 3 aspek penilaian dalam ujian kompetensi keahlian yaitu 1) pengetahuan melalui ujian tulis, keterampilan di laboratorium melalui ujian praktikum, 3) laporan hasil praktikum.

Kedatangan siswa SMK 1 Analisis Kota Gorontalo disambut langsung oleh Dekan FMIPA, Prof. Dr. Astin Lukum, M, Si. dan Ketua Jurusan Kimia, Wiwin R. Kunusa, S,Pd., M.Si. Sebelum pelaksanaan ujian, dilakukan penguatan materi Analisis Gula Pereduksi oleh Dr. Masrid Pikoli, M.Pd pada 18 Mei 2022 dan materi Spektrofotometer Uv-vis oleh Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si. pada 23 Mei 2022. UKK berlangsung dengan tertib dan lancar.

 

Agenda

31 Juli - 31 Agustus 2021

Workshop Web

Workshop Pengembangan Wesbite

22 Desember 2020

Workshop Kurikulum MB-KM

Workshop Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Pemateri Dr. Mario Paristiowati, M.Si